Harga saham cenderung mengalami perubahan menjelang cum date dan ex date karena mekanisme pasar dan perilaku investor. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang fenomena ini:

Harga saham naik saat cumdate dan turun saat ex-date 


 Cum Date dan Ex Date


- Cum Date (Tanggal Cum-Dividen): Tanggal terakhir di mana investor harus membeli saham agar berhak menerima dividen yang akan dibayarkan. Jika saham dibeli pada atau sebelum cum date, pembeli berhak mendapatkan dividen.

- Ex Date (Tanggal Ex-Dividen): Tanggal di mana saham mulai diperdagangkan tanpa hak untuk menerima dividen yang diumumkan sebelumnya. Biasanya terjadi satu hari kerja sebelum tanggal pencatatan (record date).


Mengapa Harga Saham Naik Menjelang Cum Date?


1. Permintaan yang Meningkat:

   - Investor yang ingin mendapatkan dividen akan membeli saham sebelum cum date. Peningkatan permintaan ini menyebabkan harga saham naik.


2. Daya Tarik Dividen:

   - Dividen yang diumumkan perusahaan dapat menarik minat investor baru yang ingin menikmati pendapatan dari dividen tersebut. Ini menambah permintaan saham, sehingga mendorong harga naik.


3. Perdagangan Spekulatif:

   - Beberapa investor mungkin berspekulasi dengan membeli saham sebelum cum date dengan niat menjualnya setelah harga naik karena peningkatan permintaan.


Mengapa Harga Saham Turun pada Ex Date?


1. Penyesuaian Harga Dividen:

   - Pada ex date, harga saham secara otomatis disesuaikan turun sebesar jumlah dividen per saham yang akan dibayarkan. Ini karena pembeli saham pada atau setelah ex date tidak berhak menerima dividen tersebut.


2. Penurunan Permintaan:

   - Setelah cum date, tidak ada insentif tambahan berupa dividen bagi pembeli baru. Permintaan saham dapat menurun, sehingga menyebabkan harga turun.


3. Penjualan oleh Investor:

   - Investor yang hanya tertarik pada dividen mungkin menjual saham mereka setelah ex date, menambah tekanan jual dan menurunkan harga saham.


  •  Contoh Ilustratif


Misalkan Perusahaan ABC mengumumkan dividen sebesar $1 per saham dengan tanggal pencatatan (record date) pada 15 Juli. Cum date ditetapkan pada 13 Juli, dan ex date adalah 14 Juli.


- Sebelum Cum Date (13 Juli):

  - Investor yang ingin mendapatkan dividen membeli saham ABC. Permintaan meningkat, dan harga saham naik dari $50 menjadi $51 (asumsi pasar bereaksi positif terhadap dividen yang diumumkan).


- Pada Ex Date (14 Juli):

  - Harga saham disesuaikan turun sebesar dividen per saham. Jadi, harga saham yang tadinya $51 akan turun menjadi sekitar $50. Ini karena saham mulai diperdagangkan tanpa hak untuk menerima dividen $1 per saham.


  •  Kesimpulan


Kenaikan harga saham menjelang cum date dan penurunan harga pada ex date adalah akibat dari dinamika pasar dan perilaku investor. Investor membeli saham sebelum cum date untuk mendapatkan dividen, meningkatkan permintaan dan harga. Sebaliknya, pada ex date, harga saham disesuaikan turun karena dividen yang akan dibayarkan, dan minat beli menurun karena dividen tidak lagi menjadi faktor pertimbangan bagi pembeli baru.